16 Mei 2013

Desaku Bersemi Kembali



Penulis Oleh
Adi Candra
TF 16 Kota Prabumulih
Sumber Data Bpk. Mat Tego Ajam
Koordinator LKM Payu Putat
KMW OC2 SUM-SEL PNPM-MP

Kelurahan  Payu Putat adalah sebuah kelurahan yang termasuk dalam wilayah Kecamatan Prabumulih Barat Kotamadya Prabumulih  yang terbagi menjadi 10 RW dan 30 RT.  Berdasarkan demografisnya, Sebagian besar penduduk Kelurahan Payu Putat berprofesi sebagai Petani.
Karena termasuk hamparan sebagai sawah tadah hujan atau sawah pasang surut maka kondisi persawahan  di Kelurahan Payu Putat sangat bergantung dengan curah hujan, sehingga semua kondisi menjadi sangat bergantung pada musim. Tak sering, bila sedang dalam musim kemarau, kondisi persawahan menjadi kekeringan, dan bila musim hujan maka persawahan penduduk menjadi kebanjiran karena limpahan air yang berasal dari sungai lematang.
Dimana desa payu putat yang terletak jauh dari sebuah Kota Prabumulih,belum lagi di saat musin hujan turun jalan pun sangat licin dan becek dan berlumpur,bahkan disaat ini para petani sangat susah untuk keluar baik kekebun atau pun kesawah. Apa lagi untuk askes menuju perkebunan dengan menyeberangi sungai yang berlumpur dan dalam sehingga para petani sangat kesulitan untuk mengeluarkan hasil bumi.
Seiring dengan berjalannya waktu pada tahun 2008 Desa Payu putat telah kedatangan sebuah Program  Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan (PNPM-MP). Dengan senang dan gembira akhirnya desa Payu putat membentuk suatu Lembaga yang dinamai Lembaga Keswadayaan Masyarakat Payu Mandiri (LKM Payu Mandiri), dimana lembaga ini di ketuai sebagai Koordinator Bapak Mat Tego Ajam. Bpak Mat Tego Ajam seorang yang loyalitasnya tinggi dan penuh tanggung jawab.
Akhirnya  program ini dijalankan dengan sesungguhnya sesuai kemampuan dan aturan yang ada pada program,dalam hal nya program tersebut bukan di bidang Infrastuktur saja bahkan di bidang Ekonomi dan Sosial.
Dengan kegigihan bapak Mat Tego Ajam akhirnya pada tahun 2010 desa Payu putat mendapat bantuan dana dari dinas pertanian Kota Prabumulih sebesar Rp:400.000.000 di bidang persawaahan.

Sekarang dengan senang hati dan penuh kegembiran pada masyarakat yang tak ternilaikan pada program atau dari dinas lain, hingga kini Desaku menjadi suasana yang indah dan Bersemi Kembali sesuai dengan judul di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar